Apa Yang Harus Kita Lakukan Saat Berurusan Dengan Penderita Disabilitas?

Mempunyai kekurangan member tubuh dapat menjadi suatu tantangan yang betul-betul besar dalam hidup ini. Beberapa saudara dan saudari kita mesti hidup dengan situasi hal yang demikian. Situasi ini bisa menyulitkan mereka dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari, dan malah hal-hal simpel dapat menjadi susah atau mustahil untuk mereka lakukan tanpa bantuan orang lain. Melainkan, beberapa besar dari mereka mempunyai sifat pantang menyerah, dan mereka senantiasa mengerjakan yang terbaik dalam kehidupan mereka. Tapi inilah yang menghasilkan para penyandang disabilitas dihormati oleh banyak orang. Tapi, dikala anda bersua dengan mereka, anda mesti mengerti metode-sistem yang ideal untuk berurusan dengan mereka secara bagus dan sopan kompasiana.

Inilah kiat dalam berurusan dengan para penderita disabilitas dalam kehidupan sehari-hari:

Jangan memberikan bantuan selain bila dipinta

Namun mereka akan dapat melaksanakan hal-hal yang cukup menantang seorang diri. Tetapi ini tentunya sebab mereka telah latihan terutama dulu, dan mereka dahulu kerap dilatih oleh spesialis kesehatan atau keluarga mereka. Melainkan, kalau anda memperhatikan seseorang dengan tongkat untuk berjalan kesusahan untuk naik tangga, janganlah terburu-buru untuk membantu orang hal yang demikian, sebab ia dapat saja melaksanakan hal itu sendiri, dan ia dapat merasa malu atau tersinggung apabila anda menolongnya secara mendadak dan tanpa dipinta. Sebaiknya anda menunggu sampai dia minta bantuan, atau bila dia kelihatan benar-benar kesusahan untuk naik tangga sendiri. Melainkan, anda wajib bertanya terhadap ia sebelumnya, agar ia tahu bahwa anda berniat membantunya dengan sopan tanpa menyinggung atau mengagetkannya.

Melainkan seorang penderita disabilitas jalan lambat di depan anda, laluilah dia dengan sopan

Saat kita mempunyai urusan penting yang seharusnya dipecahkan di suatu daerah, dan kita patut pergi ke daerah hal yang demikian dengan kencang. Melainkan, mungkin kita mesti berjalan melalui seorang penderita disabilitas di depan kita. Namun hal ini terjadi, mungkin anda akan merasa tak sopan jikalau anda berjalan lewat seseorang yang berjalan memakai tongkat. Tetapi, pada ketika yang berbarengan ia dapat saja merasa tak sedap atau malu sebab memperlambat perjalanan anda. Jadi, sebaiknya anda melaluinya sambil bilang permisi, terlebih jikalau dia yakni orang yang lebih tua. Kemudian, bila ia juga menawarkan anda untuk jalan duluan, silahkan anda melalui duluan sambil bilang permisi, atau setidaknya dengan senyuman ramah seperti dikala anda tersenyum terhadap rekan kerja anda. Melainkan, sekiranya ia benar-benar orang yang telah sungguh-sungguh tua, dan anda tak terburu-buru, akan sungguh-sungguh bagus bila anda berjalan dengan santai dan tak mendahuluinya, selain sekiranya anda dalam kondisi darurat.

Berbicaralah dengan normal

Anda tak perlu berbincang-bincang dengan lambat sekiranya si penderita disabilitas tak menderita gangguan mental. Namun ini penting agar ia tak tersinggung, dan anda bisa berinteraksi dengannya secara sopan dan bagus-bagus. lagi janganlah anda memandangi keadaan kekurangan fisiknya, dan jangan anda tanyakan keadaan dan penyebabnya selain bila anda telah menjadi sahabat dekatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *